Rabu, 18 Desember 2019

8 Tips Ringan Turing Naik Sepeda Motor agar Aman di Jalan

Image result for 8 Tips Ringan Turing Naik Sepeda Motor agar Aman di Jalan

Turing naik sepeda motor jadi pilihan beberapa orang, khususnya pada saat libur akhir minggu atau Tiap akhir minggu atau saat berlibur datang, banyak rombongan pemakai sepeda motor lakukan turing jarak pendek atau jauh. Umumnya, pekerjaan turin ini diikuti sekumpulan kecil sampai beberapa puluh sepeda motor. Lalu, apa yang butuh dilihat supaya turing berjalan mulus serta aman?

Road captain, umumnya akan menerangkan tehnis atau beberapa hal yang bisa serta tidak bisa dikerjakan selama perjalanan turing. Yang paling aman, dengarkan serta turuti petunjuk safety riding yang diterangkan road captain.

Minimal ada delapan point yang butuh dilihat supaya turing berjalan dengan aman serta lancar. Pertama ialah ikuti instruksi panitia. Dalam soal ini, pasti turing memiliik arah, sasaran, serta ketentuan yang sudah disetujui bersamanya. Maksudnya memprioritaskan keselamatan (safety first) serta menghindarkan kecelakaan (zero accident). Ini hal fundamental yang butuh diikuti oleh peserta turing sebelum berkendara.

Ke-2 ialah konsentrasi serta konsentrasi selama perjalanan turing. Ini, menurutnya, penting sebab perjalanan turing, khususnya jarak jauh, membutuhkan konsentrasi serta konsentrasi tinggi untuk menghindarkan beberapa hal yang tidak diharapkan. Ke-3, tidak lakukan manuver beresiko. "Ini penting, turing umumnya rapat ya antar satu pembalap di muka dengan di belakangnya. Contohnya, pembalap ditengah-tengah mendadak manuver zig zag, mempunyai potensi menyenggol pengendara yang lain. Beresiko untuk pembalap yang berada di belakang.

Ke empat ialah tidak beraktivitas yang bisa mengganggu pemakai jalan yang lain. Dalam turin, katanya, seringkali pemakai jalan lain masuk ke rombongan. Tidak lupa menggunakan  sepatu safety . Bila ini berlangsung, disarankan untuk biarkan serta tidak bertindak provokatif yang bisa membahayakan keselamatan peserta turing atau pemakai jalan lain. Contohnya ada pemakai jalan yang masuk rombongan, jangan melakukan perbuatan yang aneh-aneh. Sama-sama menghargai sama-sama pemakai jalan.

Ke lima, lanjut ia, ialah patuhi rambu jalan raya. Hendrik memperingatkan masalah rambu jalan raya ini harus hukumnya untuk dipatuhi. Bukan sekedar waktu turing saja, dan juga waktu berkendara seharian. Ke enam ialah teratur mengecek kondisi sepeda motor. Langkah ini dapat dikerjakan sebelum turing diawali atau waktu turing seperti saat beristirahat.

Ke-7 ialah berani memberitahukan pada road captain atau team sweeper saat alami kecapekan. Ini penting untuk jaga keselamatan peserta yang alami kecapekan dibanding dipaksakan untuk terus berkendara. Kadang ada yang gengsi serta nekad berkendara walau sebetulnya alami kecapekan. Informasikan saja ke road captain atau team sweeper supaya bisa dikerjakan istrirahat.

Paling akhir, yaitu ke-8, peserta bisa menyalakan hazard dalam kondisi genting serta waspada untuk menyampingkan kendaraan. Ya seperti barusan, contohnya capek atau motor alami permasalahan. Nyalakan saja hazard (Honda PCX diperlengkapi dengan feature lampu genting) selanjutnya berhati-hati menyampingkan motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar